Daftar Google Analytics dan Memasang Pada Website WordPress

Untuk mengetehui performa website dan melihat perkembangan pengunjung pada website kita menggunakan Google Analytics, tools analisis web ini gratis lho.

Karena dengan Google Analytics kita bisa mengetahui pengunjung perhari, perbulannya berapa pengunjung dan asal negara dari pengunjung pada website kita dan konten artikel kita yang paling di sukai pengunjung kita bisa tahu serta kita bisa melihat perangkat pengunjung menggunakan ponsel atau laptop.

Yuk Daftar Google Analytics dengan cara berikut :

  1. buka browser lalu ketikan gmail.com dan pastikan bisa login menggunakan emailmu
  2. klik link google analytics pada url ini https://analytics.google.com/
Kliik tombol Start/Mulai

Isikan nama akun Anda pada kolom Account Name contoh catatankeluargait. Kemudian, beri tanda ceklis pada semua opsi Data Sharing Setting (direkomendasikan untuk memilih semuanya)

Klik NEXT

Masukkan nama property yang mewakili url website atau nama bisnis anda pada kolom Property name contoh catatan.keluargait.com Kemudian, ubah zona waktu (Indonesia) dan mata uang yang ingin digunakan (Rupiah).

Klik Show advanced options, kemudian aktifkan opsi Create a Universal Analytics property.
Isikan alamat website yang ingin dilacak, dan pastikan opsi “Create both a Google Analytics 4 and a Universal Analytics property” aktif. seperti terlihat pada gambar berikut :

Pastikan yang di check list sesuai dengan contoh pada gambar, Klik NEXT

Langkah ke 3 terakhir (About Your Business) lengkapi industri website, anggota bisnis dan tujuan penggunaan Google Analytics :

Pilih kategori website bisnis Anda pada bagian Industry Category. Kemudian, pilih opsi jumlah anggota bisnis pada bagian Business Size dan tujuan penggunaan Google Analytics with your business. seperti terlihat pada gambar berikut :

di atas contoh checklist yang digunakan pada website catatan.keluargait.com selanjutnya Klik CREATE
checklist dan klik tombol I Accept

Selanjutnya Pilih platform untuk mengumpulkan data pada Data Stream. kita buat Create Stream Kita pilih platform Web.

Berhubung saat daftar sudah dibuatkan Data Stream oleh Google Analytics, kita gunakan saja default yang ada, seperti terlihat pada gambar berikut :

Salin kode pada MEASUREMENT ID ( Tracking ID) G-X6BDYG78F2 untuk digunakan pada langkah selanjutnya.
pilih property

Daftar Google Analytics sudah selesai.

Sekarang, memasang Google Analytics di Website WordPress kita :

Cara Memasang Google Analytics di Website ada 3 cara Menggunakan Plugin, secara Manual di File Tema WordPress dan Melalui Google Tag Manager (GTM), biar cepet dan gak ribet kita gunakan Plugin Google Site Kit aja guys.

Klik Plugins -> lalu search Site Kit by Google -> Lalu Install Now -> Start Setup -> Sign In With Email Google Yang tadi di daftarkan untuk Google Analytics

Selanjutnya masuk ke menu Plugin Site Kit

tampilan sebelum update
tampilan setelah update (KLIK Setup Google Analytics) atau klik menu setting pada menu Site Kit pilih Google Analytics

nanti akan diminta checklist data dan klik verifikasi selanjutnya Allow, Set up dan Next

Selesai sudah pemasangan Tools Analis Web menggunakan Google Analytics pada Website WordPress (saaat ini versi Site Kit Terbaru sudah otomatis mendeteksi default MEASUREMENT ID (Tracking ID) pada akun gmail yang sudah di daftarkan pada Google Analytics).
ketika di Klik tombol Configure Analytics (Selamat Yaa, Semoga Website catatan.keluargait.com semakin maju dan berkembang lebih baik lagi kedepannya, Aamiin)

Selanjutnya jika ingin melihat lalu lintas data

karena baru daftar, Laporan Real-Time menampilkan data saat orang menggunakan situs Anda terlihat masih kosong atau belum ada
bisa di lihat dengan login pada laman https://analytics.google.com/ dan masuk ke menu Report -> Acquisition -> Overview

catatan penting : ketika baru daftar dan mengaktifkan google analytics di web menggunakan plugin Site Kit kenapa masih kosong datanya seperti gambar di atas :

  1. Jika baru saja menginstal Google Analytics, Anda harus menunggu hingga 24-48 jam agar Google Analytics dapat memproses data dari situs Anda, lalu menampilkan data tersebut di laporan Real-Time.
  2. Jika situs Anda tidak banyak dikunjungi pengguna, Analytics dapat menerapkan nilai minimum data untuk melindungi identitas masing-masing pengguna. Anda dapat melihat bagian atas laporan untuk memeriksa apakah nilai minimum data telah diterapkan.
  3. Agar lebih mudah maintenance/pemeliharaan Plugin Site Kit by Google agar menggunakan 1 akun gmail saja (untuk disemua website anda) agar lebih mudah memantau (Adsense, Search console dan Analytics dan pageSpeed Insight) pada masing-masing website yang diterapkan.
  4. Untuk menambahkan akun/website yang lainnya dengan masuk google analytics lalu Klik Admin -> Di kolom AKUN, pilih Buat akun baru, selanjutnya sama caranya dengan cara pertama tadi membuat akun Google Analytics pertama.

dibuat 25 Maret 2023

Hasil Analytics dibawah ini pada tanggal 27 September 2023 seperti SS berikut :

Report -> Acquisiton -> Overview (di set custome 25 Maret 2023 – 27 September 2023)

Report -> Engagement -> Overview (di set custome 25 Maret 2023 – 27 September 2023)
Report -> Realtime (hari ini 27 September 2023)
Summary
Description
Daftar Google Analytics dan Memasang Pada Website Wordpress | Cara Memasang Google Analytics di Website Wordress

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 CatatanKu